SEKILAS INDONESIA, TAKALAR – USAID-IUWASH Tangguh, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, menggelar Workshop PASI untuk Implementasi Panduan Teknis Sektor WASH/WRN dan Pendampingan Masyarakat dalam Menyampaikan Pengaduan melalui Aplikasi SP4N LAPOR di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar. (18/12/24)
Dalam sambutannya, Asisten Administrasi Umum Takalar, Suhardiyanto, S.STP, M.Si, yang mewakili Pj Bupati Takalar, menyampaikan apresiasi kepada USAID-IUWASH Tangguh atas kerja samanya dengan Pemerintah Kabupaten Takalar dalam menyelenggarakan workshop ini. Ia menekankan pentingnya aplikasi SP4N LAPOR untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak USAID-IUWASH Tangguh yang telah berkenan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Takalar. Kerja sama ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan pemahaman kita dalam memaksimalkan penggunaan Aplikasi SP4N LAPOR, sebagai sarana untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih transparan, akuntabel, dan responsif,” ujarnya
Sementara itu, Rieneke Rolos, Regional Manager Program USAID-IUWASH Tangguh Provinsi Sulawesi Selatan dan Papua, berharap workshop ini dapat mendukung peningkatan pelayanan publik di sektor air minum, sanitasi, dan pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Takalar.
“Kami hadir di setiap kabupaten dan fokus pada sektor air minum, sanitasi, serta sumber daya air. Kami akan terus membantu PDAM untuk memberikan pelayanan yang aman dan berkualitas,” ujar Rieneke.
Syainal Mannan, S.STP, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, juga menyampaikan harapan agar penggunaan aplikasi SP4N LAPOR semakin mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pengaduan.
“Dengan adanya teknologi, aplikasi SP4N LAPOR masyarakat kini bisa melapor kapan saja dan di mana saja, memudahkan proses penyelesaian aduan.” ujarnya.
Aplikasi SP4N LAPOR dirancang untuk memfasilitasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan terkait pelayanan publik. Dengan adanya aplikasi ini, pengaduan dapat ditangani dengan lebih cepat dan tepat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam sektor WASH/WRN di Kabupaten Takalar.
Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan OPD terkait, Bapelitbanda, PDAM, serta perwakilan kelurahan Bajeng dan Kelurahan Kalabbirang
Suherman Tangngaji