SEKILAS INDONESIA, JAKARTA- Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali mengukir prestasi di Stevie Awards 2024 dengan meraih penghargaan dalam kategori HR Department of the Year, 30 Agustus 2024.
Indosat menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang memenangkan kategori ini. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keberhasilan Indosat dalam mengembangkan dan menerapkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dengan pendekatan empatik, menjadikan AI sebagai alat bantu yang mendukung karyawan, bukan sebagai ancaman.
Perusahaan ini telah memanfaatkan AI dan Robotic Process Automation (RPA) untuk meningkatkan produktivitas dengan menggantikan tugas-tugas repetitif. Proses administratif yang sebelumnya memakan waktu satu hari kini dapat diselesaikan dalam sepuluh menit.
Indosat juga memperkenalkan asisten virtual AI bernama “ASTRID” (Assistant for Robotic Administration Indosat). ASTRID tidak hanya mengelola data dan mengintegrasikan aplikasi untuk menghasilkan talent predictive analytics, tetapi juga memberikan dukungan personal dengan menjawab pertanyaan harian karyawan dan mengirimkan pesan motivasi. Hingga kini, lebih dari 3.100 pesan telah disampaikan, memperkuat komunikasi personal antara perusahaan dan karyawan.
Irsyad Sahroni, Director and Chief Human Resource Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Penghargaan ini mencerminkan dedikasi Indosat dalam membangun organisasi yang siap menghadapi masa depan.
Inovasi ini meningkatkan efisiensi operasional, menunjukkan kepedulian kami, dan mempersiapkan karyawan untuk lebih adaptif terhadap teknologi mutakhir. Kami ingin AI dilihat sebagai alat untuk meningkatkan kualitas kerja dan sebagai keunggulan kompetitif yang memperkaya nilai karyawan. Teknologi harus sejalan dengan nilai kemanusiaan dan memberikan dampak positif bagi semua.”
Selain itu, teknologi machine learning dan generative AI juga diterapkan dalam pengembangan Career Simulator, alat yang membantu karyawan merencanakan karir secara lebih terarah dan merekomendasikan program pengembangan yang sesuai.
Dengan penerapan AI empatik ini, karyawan dapat lebih fokus pada pekerjaan strategis, pengembangan diri, memperkuat hubungan, dan mencapai kesejahteraan yang lebih seimbang. Hasilnya, tingkat kepuasan karyawan mencapai 94%, dan Employee Net Promoter Score (eNPS) yang tinggi mencerminkan loyalitas dan komitmen mereka kepada perusahaan.
Stevie International Business Awards adalah penghargaan global yang diadakan oleh organisasi berbasis di Amerika Serikat, mengakui prestasi di berbagai aspek tempat kerja di lebih dari 60 negara. Penilaian dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari eksekutif dan profesional terkemuka dari seluruh dunia.
Irsyad menambahkan, “Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berinovasi dalam menciptakan lingkungan kerja terbaik dan mendukung transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo.”