DaerahLampung Timur

Linmas dan Perangkat Desa Taman Asri Terima Pelatihan Tanggap Bencana dari Babinsa

×

Linmas dan Perangkat Desa Taman Asri Terima Pelatihan Tanggap Bencana dari Babinsa

Sebarkan artikel ini

SEKILAS INDONESIA | LAMPUNG TIMUR 

Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Koptu Sutardi bersama Bhabinkamtibmas berikan materi pelatihan tanggap bencana kepada Linmas dan perangkat desa Taman Asri, Senin (6/3/2023).

Click Here

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Taman Asri ini turut dihadiri oleh Camat Purbolinggo Amir Hamzah, Kades Taman Asri Lekat Dulah Adi putra, Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Koptu Sutardi, Bhabinkamtibmas Bripka Ria Sugara, Kasitrantib Saringat, Perangkat desa serta Anggota Linmas.

Pelatihan tanggap bencana dilaksanakan selain dalam rangka persiapan lomba desa tingkat Kabupaten juga untuk memberikan wawasan kepada para Linmas serta perangkat desa.

Babinsa Koptu Sutardi mengatakan, tugas pokok dan fungsi Linmas salah satunya membantu dalam penanggulangan bencana alam. Artinya Linmas harus siap siaga jika terjadi bencana alam banjir, longsor dan bencana lainnya seperti angin puting beliung, pohon tumbang, kebakaran, dan lain-lain.

“Oleh karena itu, anggota Linmas harus diberikan keterampilan dan pengetahuan sehingga dalam melaksanakan tugas lebih profesional dan proporsional. Paling tidak, harus mengetahui tentang kondisi alam di lingkungan sekitar serta bagaimana memberikan pertolongan pada saat terjadinya bencana”, ujar Babinsa.

“Termasuk upaya mengantisipasi bencana banjir dan longsor, diantaranya membersihkan saluran air yang tersumbat, mengeruk endapan pada parit-parit atau sungai”,

Masih dikatakan Babinsa,”adanya pelatihan tandu darurat ini diharapkan bisa menambah pengetahuan dan keterampilan setiap anggota Linmas Desa Taman Asri. Sehingga teknik-teknik pembuatan tandu ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan kemanusiaan seperti membantu mengevakuasi korban bencana atau kecelakaan,” pungkasnya.(Ril)

Sumber : Pendim0429/lamtim.

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d