Nasional

Wow !! jalan arteri primer IKN bisa didarati oleh pesawat

×

Wow !! jalan arteri primer IKN bisa didarati oleh pesawat

Sebarkan artikel ini

SEKILASINDONESIA.ID, Jakarta – Pembangunan proyek ibu kota negara atau IKN Nusantara secara agregat sudah mencapai 15 persen. Dari total 34 proyek IKN Nusantara yang sudah dikontrakkan, sudah ada 29 kontrak yang lakukan penandatanganan.

Salah satu infrastruktur di IKN Nusantara yang tengah dikembangkan saat ini adalah jalan arteri primer. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan jalan arteri primer ini dipertimbangkan agar bisa didarati oleh pesawat.

Click Here

“Untuk jalan arteri primer kita pertimbangkan sebagai landasan yang bisa didarati oleh pesawat,” ujar Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga dikutip dari Antara, Sabtu (14/1/2023).

Kemungkinan panjang jalan arteri IKN tersebut sekitar 1-2 Km agar dapat didarati oleh pesawat. Beberapa negara telah memanfaatkan jalan-jalan yang lurus untuk bisa didarati atau menjadi landasan pesawat.

“Itu sedang kita pilih di beberapa lokasi,” kata Danis.

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengungkapkan kemungkinan infrastruktur jalan di IKN Nusantara akan mengadopsi dan dibangun dengan konsep teknologi electric charging lane yang dapat membantu pengisian baterai kendaraan listrik.

Secara konsep, electric charging lane merupakan infrastruktur jalan yang kemungkinan dapat membantu pengisian daya baterai yang terpasang dalam kendaraan listrik ketika melintasi lajur jalan tersebut.

Konsep ini sudah berjalan di beberapa negara dunia dan sudah banyak yang melakukan uji coba.

Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) juga Nusantara menyiapkan pembangunan multi-utility tunnel atau MUT dalam rangka menampung semua jaringan pipa air sampai dengan kabel listrik dan fiber optik di IKN.

Nantinya di IKN tidak akan ada lagi jaringan kabel yang terpasang di atas permukaan tanah. Dalam MUT itu, ketika ada jaringan yang harus diperbaiki atau diganti maka teknisi perbaikan tinggal masuk ke dalam MUT untuk melakukan perbaikan.

Infrastruktur MUT ini juga akan dikendalikan dan diawasi oleh semacam ruang kendali (control room), sehingga bisa mendeteksi kerusakan dan kebocoran yang terjadi di MUT.

Banyak hal yang nantinya juga akan diimplementasikan dalam konteks smart and sustainable sebagai konsep IKN Nusantara sebagai ibu kota baru.(*)

 

Eksplorasi konten lain dari Sekilas Indonesia

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan Membaca

%d